eprintid: 5126 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/51/26 datestamp: 2022-09-13 05:27:08 lastmod: 2022-09-15 02:22:38 status_changed: 2022-09-13 05:27:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kartiningsih, Wulan creators_name: Rosdiana, Rina creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_NPM: 037114392 creators_NPM: 0017017001 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rosdiana, Rina contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_NIDN: 0017017001 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Wulan Kartiningsih. 037114392. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2018. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner angket. Uji validitas minat belajar dan reward menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B, dan V C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor berjumlah 111 siswa. Sampel yang diambil 53 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh antara Reward dengan Minat Belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 24,307 + 0,7164X, dengan harga Fhitung sebesar 1,10 < dari Ftabel sebesar 2,21, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 56%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara reward dengan minat belajar pada siswa kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Reward, Minat Belajar date: 2018-09-26 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Kartiningsih, Wulan and Rosdiana, Rina and Windiyani, Tustiyana (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5126/1/2018%20PGSD%20WULAN%20KARTININGSIH.pdf