@phdthesis{eprintsunpak5132, month = {August}, author = {Farida and Wawan Syahiril Anwar and Fitri Siti Sundari}, year = {2018}, title = {HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian KorelasionalIni dengan Metode Survai di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 2 Cilodong Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019}, school = {Universitas Pakuan}, abstract = {Farida. 037114316. Hubungan antara Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan antara Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan intrumen non-tes (angket) untuk variabel minat belajar dan intrumen tes (Pilihan Ganda) untuk variabel hasil belajar Matematika. Uji validitas minat belajar dihitung menggunakan rumus Pearson Product Moment dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach, sedangkan di variabel hasil belajar Matematika uji validitas menggunakan rumus Point Biserial, dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 2 Kecamatan Cilodong Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 39 sampel responden diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana mengahasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu {\^Y} = -47,39+1,43X. Dalam penelitian ini, setiap kenaikan satu unit minat belajar akan meningkatkan hasil belajar Matematika sebesar 1,43 unit, dengan harga Fhitung = 282,29 {\ensuremath{>}} Ftabel = 4,11 (?=0,05)= 4,11. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa(rxy) sebesar 0,94 dikategorikan sangat kuatyang berarti menunjukkan hubungan positif dan signifikan., sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,88 yang berarti minat belajar berkontribusi 88\% terhadap hasil belajar Matematika dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 88\%, sedangkan 12\% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar Matematika. pada siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 2 Kecamatan Cilodong Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5132/} }