%A Nina Ulhasanah %A Yuyun Elizabeth %A Tustiyana Windiyani %I Universitas Pakuan %D 2018 %X Nina Ulhasanah 037114127. Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasii Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert. Uji validitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA, IIIB, dan IIIC Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 100 siswa.Sampel yang diambil sebanyak 50 siswa. Metode Penelitian ini menggunakan metode survei melalui pendekatan studi korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa , ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (r_xy) sebesar 0,24 ini menunjukan adanya hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,63 atau sebesar 63%. Hal ini berarti nilai kontribusi pengelolaan kelas dengan motivasi belajar sebesar 63%, melalui persamaaan regresi Ŷ= 87,19+0,25X. Sisaya sebanyak 37 % ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubunganpositif antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar. Hal ini berarti, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru harus memperhatikan pengelolaan kelas. Kata kunci : Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa %L eprintsunpak5133 %T HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Penelitian korelasional ini dilaksanakan di kelas III di Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018