TY - THES N2 - Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada subtema bersyukur atas keberagaman melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learningdengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 25 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 Sekolah Dasar Negeri Leuwiranji 02. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas pada siklus I dengan nilai rata-rata 73, siklus II dengan nilai rata-rata 79, dan siklus III dengan nilai rata-rata 89 artinya penilaian kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas setiap siklus meningkat atau berhasil. Begitupula dengan hasil ketuntasan belajar siswa siklus I ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 44% dengan nilai rata-rata 68, siklus II ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 72% dengan nilai rata-rata 75, dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar yang diperoleh 92% dengan nilai rata-rata 83. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dan berhasil mencapai KKM 71. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman melalui model pembelajaran Discovery Learningdengan pendekatan saintifikdapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Leuwiranji 02 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Saintifik. A1 - Yuliawati, Riska A1 - Anwar, Wawan Syahiril A1 - Sundari, Fitri Siti Y1 - 2018/10/23/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/5144/ PB - Universitas Pakuan TI - PENINGKATAN HASIL BELAJARSUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Leuwiranji 02 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 ID - eprintsunpak5144 AV - public M1 - Skripsi ER -