relation: http://eprints.unpak.ac.id/5145/ title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi iniDenganPendekatanPenelitian Tindakan Kelas PadaSiswaKelas III Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 02 Kecamatan CilodongKota Depok Tahun Pelajaran 2017/2018 creator: Pratiwi, RuwitaDiah creator: Purpitasari, DWI INDARINI creator: Sukmanasa, Elly subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Ruwita Diah Pratiwi. 037114251. Penerapan Model Pembelajaran KooperatifStudent Teams Achievement DivisionUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alampada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 02 Kecamatan CilodongKota Depok semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 02 Kecamatan CilodongKota Depok sebanyak 35 siswa dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan perempuan sebanyak 15 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kualitas pelaksanaan proses pembelajaran Pada siklus Ipenilaian pelaksanaan pembelajaran mencapai nilai70,00dengan kategori berkualitas, pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran sehingga nilai pelaksanaan pembelajaran meningkat menjadi 91,71dengan kategori sangat berkualitas. Sama halnya dengan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang meningkat, perubahan perilaku siswa juga meningkat, perubahan perilaku siswa pada siklus Imencapai nilai 67,08dengan interpretasicukup, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka nilai perubahan perilaku siswa meningkat menjadi 86,15dengan interpretasi baik.Aspek penelitian lainnya yang juga mengalami peningkatan yaitu hasil belajar siswa.Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 02 secara klasikal hanya mencapai 34,29%, kemudian mengalami peningkatan sebanyak 45,71% pada siklus II menjadi 80,00%, maka penelitian selesai dilaksanakan pada siklus II karena penelitian sudah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisiondapat memperbaikiproses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 02 Kecamatan CilodongKota Depok. Kata kunci: Hasil Belajar danModel Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division. date: 2018-05-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://eprints.unpak.ac.id/5145/1/2018%20PGSD%20RuwitaDiahPratiwi.pdf identifier: Pratiwi, RuwitaDiah and Purpitasari, DWI INDARINI and Sukmanasa, Elly (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi iniDenganPendekatanPenelitian Tindakan Kelas PadaSiswaKelas III Sekolah Dasar Negeri Kalibaru 02 Kecamatan CilodongKota Depok Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.