%0 Thesis %9 Skripsi %A Ulfiyah, Laely %A Afrikani, Triasianingrum %A Sunardi, Oding %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B PGSD %D 2018 %F eprintsunpak:5148 %I Universitas Pakuan %T PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA %U http://eprints.unpak.ac.id/5148/ %X LAELY ULFIYAH. 036113028. Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripisi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. Triasianingrum A, S.U. dan Drs. Oding Sunardi, M.P.d Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman hayti dan klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 di SMAN 1 Cibungbuang Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampeling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berjumlah 35 siswa dan kelas X IPA 5 sebagai kelas pembanding yang diberi perlakuan model Guided Inquiry berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok Problem Based Learning sebesar 73 dan pada kelompok Guided Inquiry memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 60. Hasil uji-t pada taraf yang signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,36 dan ttabel = 1,99 sehingga diperoleh thiutng > ttabel, maka dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model Problem Bsed Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati dan klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar siswa kelompok model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan kelompok pembanding model Guided Inquiry. Kata Kunci : Kuantitatif, Eksperimen, Problem Based Learning, Guided Inquiry, Hasil Belajar