eprintid: 5158 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/51/58 datestamp: 2022-09-13 07:55:25 lastmod: 2022-09-15 01:43:20 status_changed: 2022-09-13 07:55:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ridwansyah, Iwan creators_name: Kurniasih, Surti creators_name: Sutjihati, Susi creators_NPM: 036111075 creators_NPM: 0031086201 creators_NPM: 0023095804 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurniasih, Surti contributors_name: sutjihati, Susi contributors_NIDN: 0031086201 contributors_NIDN: 0023095804 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X MIA 1 di MAN CijerukKabupaten Bogor) ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: IWAN RIDWANSYAH. 036111075. 2015. Penerapan Model PembelajaranTeam AssistedIndividualization(TAI)danCourse Review Horay (CRH) UntukMeningkatkanhasilBelajarBiologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch) dengansubjekpenelitiansebanyak38 siswakelas X-MIA1. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkan hasil belajar Biologiyang meliputiranahkognitif, danranahafektif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus,setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaranTeam Assisted Individualization (TAI)danCourse Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Nilai rata-rata siswasebelumdilakukannyapenelitiansebesar 68dengan persentasepencapaian KKM 53%, Padasikluspertamanilai rata-rata hasilbelajarranahkognitifmeningkatmanjadi 70.20denganpersentasepencapaian KKM 65.78%, sikluskeduanilai rata-rata meningkatkembalimenjadi 76.89denganpersentasepencapaian KKM 81.57%. Hasilbelajarranahafektifsikluspertamasebesar 74.91 denganpersentasepencapaian 68.42%, danmeningkatpadasikluskeduasebesar 80.49 denganpersentasepencapaian 84.21%.Aktivitassiswapadasiklus 1 pertemuan 1 mencapai 71.06%, danmeningkatpadapertemuan 2 menjadi 74.86%. Padasiklus 2 pertemuan 1 mencapai 78.66% danmeningkatpadapertemuan 2 menjadi 82.75%. Berdasarkanhasil yang dicapai, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranTeam Assisted Individualization (TAI)danCourse Review Horay (CRH)dapatmeningkatkanhasilbelajarBiologisiswa di kelas X-MIA1 MANCijerukBogor. KataKunci: Model PembelajaranKooperatif, Team AssistedIndividualization (TAI), Course Review Horay (CRH), HasilBelajar date: 2016-01-16 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ridwansyah, Iwan and Kurniasih, Surti and Sutjihati, Susi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X MIA 1 di MAN CijerukKabupaten Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5158/1/2018%20P%2CBIO%20Iwan%20Ridwansyah.pdf