%0 Thesis %9 Skripsi %A Amanda, Regita Aprillia %A Mahajani, Tri %A Chodijah, Siti %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2022 %F eprintsunpak:5168 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIOMAS KABUPATEN BOGOR %U http://eprints.unpak.ac.id/5168/ %X ABSTRAK Regita Aprillia Amanda. 032118028. Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini berfokus pada jenis kesalahan dan kesalahan penggunaan preposisi yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan penggunaan preposisi yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor dan mendeskripsikan kesalahan penggunaan preposisi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas Bogor. sesuai dengan objek penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor yang terindikasi adanya kesalahan penggunaan preposisi yang berupa kesalahan kata depan di, ke, pada, dan dari. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik membaca dan mencatat secara berulang-ulang. Peneliti melakukan beberapa tahap dalam menganalisis data, yaitu mengkaji dan menganalisis data-data yang dipilih lalu diidentifikasi oleh peneliti. Setelah diidentifikasi, selanjutnya data diklasifikasikan sesuai dengan jenis kesalahan penggunaan preposisi dan mendeskripsikan analisis data yang ditemukan dalam teks eksplanasi siswa tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keansahan data yang ditemukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian pada teks eksplanasi siswa kelas VIII-9 dan VIII-10 SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor, ditemukan jumlah temuan data kesalahan penggunaan preposisi sebanyak 93 data. Klasifikasi data kesalahan preposisi di sebanyak 76 data yang dipersentasekan menjadi 82 %, kesalahan preposisi ke sebanyak 15 data yang dipersentasekan menjadi 16 % , kesalahan preposisi pada sebanyak 1 data yang dipersentasekan menjadi 1 %, dan kesalahan preposisi dari sebanyak 1 data yang dipersentasekan menjadi 1 %. Kata kunci: kesalahan berbahasa, Preposisi, dan teks eksplanasi.