@unpublished{eprintsunpak5171, school = {Universitas Pakuan}, author = {Siti Nurmalasari Dewi and Sandi Budiana and Siti Chodijah}, title = {PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK AL-WATASI BOGOR}, month = {June}, year = {2022}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5171/}, abstract = {ABSTRAK Siti Nurmalasari Dewi.032118034. Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Al-Watasi Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Sandi Budiana, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Al-Watasi Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks eksposisi melalui model Problem Based Learning. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X SMK Al-Watasi Bogor berjumlah 134 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa yaitu kelas X-C berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Berdasarkan analisis data, hipotesis pertama yaitu penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa dapat teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata kelas 51 berarti keterampilan siswa berada dalam kategori kurang mampu dalam menulis teks eksposisi, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 81 dengan taraf mampu. Berdasarkan hasil perhitungan selisih antara nilai pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai kelas eksperimen 0,6 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai 0,4 masuk ke dalam kategori sedang. Hal tersebut menunjukan bahwa setelah diterapkan model Problem Based Learning kelas eksperimen mengalami hasil peningkatan yang signifikan. Hipotesis yang kedua yaitu, kendala yang dialami siswa saat menulis teks eksposisi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket yang menyatakan bahwa siswa mengalami kendala saat menggunakan kaidah kebahasaan dalam menulis teks eksposisi berjumlah 21 siswa atau 68\% dan mengalami kendala pada struktur argumentasi dalam menulis teks eksposisi berjumlah 18 siswa atau 58\%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Al-Watasi Bogor, meskipun pada saat membuat teks eksposisi siswa mengalami kendala. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi.} }