%D 2018 %T PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK IKLAN SISWA KELAS VIII SMP AMAL MULIA KLAPANUNGGAL BOGOR %L eprintsunpak5186 %X Fajar Dian Pratama: Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Iklan Siswa Kelas VIII Amal Mulia Klapanunggal Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media video dalam meningkatkan keterampilan menyimak iklan siswa kelas VIII SMP Amal Mulia Klapanunggal Bogor, serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menyimak teks iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Amal Mulia Klapanunggal Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penggunaan media video dapat meningkatkan keterampilan menyimak iklan siswa kelas VIII SMP Amal Mulia Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (pretest) di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 65,20, sedangkan hasil tes akhir (posttest) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,15. Hasil tes awal (pretest) di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 64,89, sedangkan hasil tes akhir (posttest) di kelas kontrol setelah diterapkan media gambar nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 80,59. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan menggunakan media video, yaitu nilai rata-rata yang semula 65,20 menjadi 86,15. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 = 3,78, harga t095 = 1,67, dan harga t099 = 2,39. Perbandingan t0 dan tt yaitu 1,67<3,78>2,39, dengan demikian t0 lebih besar daripada ttabel, artinya penggunaan media video pada kelas eksperimen dapat meningkatkan keterampilan menyimak iklan pada siswa. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu kendala yang dialami siswa dalam menyimak teks iklan dengan menggunakan media video, terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket, siswa terlihat mengalami kendala saat menyimak teks iklan dengan kendala menentukan unsur-unsur teks iklan dengan persentase 43%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan keterampilan menyimak iklan pada siswa, meskipun pada saat menyimak teks iklan siswa mengalami kendala. Kata kunci: Menyimak, teks iklan, video. %A Dian Fajar Pratama %A Suhendara %A Rina Rosdiana %I Universitas Pakuan