@phdthesis{eprintsunpak5189, author = {Novalia Intan Utami Putri and Teti Rostikawati and Suci Siti Latifah}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2018}, month = {October}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5189/}, abstract = {INTAN NOVALIA PUTRI UTAMI. 036114053. Pengaruh ModelPembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi SMA Asyuja?iyah Nagrak Bogor.Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah (KPM) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Konvensionalpada siswa kelas X di SMA Asyuja?iyah Nagrak Bogor dengan materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Populasi penelitian adalah kelas X di SMA Asyuja?iyah Nagrak Bogortahun akademik 2017/2018. Sampel digunakan kelas X MIPA A diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan jumlah 40 siswa. Kelas X MIPA B diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 40 siswa. Hasil penelitian siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensionallebih rendah dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain 41,95, sedangkan kelompok kelas model pembelajaran DiscoveryLearning lebih tinggi dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain49,40. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan {\ensuremath{\alpha}} = 0,05, diperoleh thitung 4,028 sedangkan ttabel sebesar 1,994 sehingga didapatkan bahwa nilai thitung{\ensuremath{>}} ttabel, maka HO ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat perbedaan KPM antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Discovery Learning. Diantara kedua model tersebut, model pembelajaran Discovery Learning lebih memperlihatkan pengaruh signifikan terhadap KPM. Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Memecahkan Maasalah Biologi} }