eprintid: 5189 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/51/89 datestamp: 2022-09-14 03:56:49 lastmod: 2022-09-15 00:56:35 status_changed: 2022-09-14 03:56:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Utami Putri, Novalia Intan creators_name: Rostikawati, Teti creators_name: Latifah, Suci Siti creators_NPM: 036114053 creators_NPM: 0018046003 creators_NPM: 0403058703 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, Teti contributors_name: Latifah, Suci Siti contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0403058703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: INTAN NOVALIA PUTRI UTAMI. 036114053. Pengaruh ModelPembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogor.Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah (KPM) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Konvensionalpada siswa kelas X di SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogor dengan materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Populasi penelitian adalah kelas X di SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogortahun akademik 2017/2018. Sampel digunakan kelas X MIPA A diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan jumlah 40 siswa. Kelas X MIPA B diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 40 siswa. Hasil penelitian siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensionallebih rendah dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain 41,95, sedangkan kelompok kelas model pembelajaran DiscoveryLearning lebih tinggi dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain49,40. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh thitung 4,028 sedangkan ttabel sebesar 1,994 sehingga didapatkan bahwa nilai thitung> ttabel, maka HO ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat perbedaan KPM antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Discovery Learning. Diantara kedua model tersebut, model pembelajaran Discovery Learning lebih memperlihatkan pengaruh signifikan terhadap KPM. Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Memecahkan Maasalah Biologi date: 2018-10-24 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Utami Putri, Novalia Intan and Rostikawati, Teti and Latifah, Suci Siti (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5189/1/2018%20P.BIO%20Intan%20Novalia%20Putri%20Utami.pdf