eprintid: 5200 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/52/00 datestamp: 2022-09-14 04:05:00 lastmod: 2022-09-15 01:02:03 status_changed: 2022-09-14 04:05:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sholihah, Nur’amalia Annisa creators_name: Suhardi, Eka creators_name: Latifah, Suci Siti creators_NPM: 036114084 creators_NPM: 0416076701 creators_NPM: 0403058703 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhardi, eka contributors_name: Latifah, Suci Siti contributors_NIDN: 0416076701 contributors_NIDN: 0403058703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: “ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI EFIKASI DIRI” ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: ANNISA NUR’AMALIA S. 036114084.Analisis Sequential Explanatory Partisipasi Siswa Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Ditinjau Dari Efikasi Diri.Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Eka Suhardi, M.Si, dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory kuantitatif-kualitatif yang terdiri atas 2 variabel yaitu Efikasi Diri sebagai variabel bebas dan Partisipasi Siswa Dalam menjaga Kelestarian Lingkungan sebagai variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengenaihubungan antara efikasi diri dengan partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - September 2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kecamatan Rancabungur tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden.Pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan kriteria Slovin.Data penelitian kuantitatif diperoleh menggunakan questioner dengan skala sikap rating scale untuk kedua variabel.Data penelitian kualitatif wawancara.Uji validitas butir instrumen menggunakan rumus Product Moment Person dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach.Analisis data kuantitatif dengan perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett.Sedangkan analisis data kualitatif dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pengujian hipotesis data menggunakan uji korelasi dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara efikasi diridan partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan persamaan regresi Ŷ = 103,02 + 0,34x. Nilai koefisien korelasi (r) = 0,552 dan r2 = 0,304. Harga r2 mengandung arti bahwa 30,4% partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan dipengaruhi oleh efikasi diri, sedangkan 60,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun faktor lain yang diduga berhubungan/berkontribusi terhadap partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan selain efikasi diri adalah gaya hidup, pembiasaan diri, pengaruh teman sebaya dan sarana prasarana. Kata kunci : efikasi diri, partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan date: 2018-07-21 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sholihah, Nur’amalia Annisa and Suhardi, Eka and Latifah, Suci Siti (2018) “ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI EFIKASI DIRI”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5200/1/2018%20P.BIO%20Annisa%20Nur%E2%80%99amalia%20Sholihah.pdf