eprintid: 5221 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/52/21 datestamp: 2022-09-14 06:27:05 lastmod: 2022-09-15 02:01:26 status_changed: 2022-09-14 06:27:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Napisah, Lulis Siti creators_name: Suhardi, Eka creators_name: Sunardi, Oding creators_NPM: 036113042 creators_NPM: 0416076701 creators_NPM: 0012065703 contributors_name: Suhardi, Eka contributors_name: Sunardi, Oding contributors_NIDN: 0416076701 contributors_NIDN: 0012065703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BINGO BOARD DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BINGO BOARD PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Lulis Siti Napisah. 036113042. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan Problem Based Learning Bingo Board pada Materi Sistem Reproduksi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Eka Suhardi M. Si dan Drs. H. Oding Sunardi, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan Problem Based Learning (PBL) Bingo Board. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciawi pada semester dua tahun ajaran 2016/2017 dari bulan Februari hingga bulan Juli 2017. Kelompok kelas X1-1 diberikan model pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan jumlah 38 siswa dan pada kelas XI-2 model pembelajaran PBL Bingo Board dengan jumlah 40 siswa. Design penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Postest Group Design. Berdasarkan hasil uji t, menunjukan thitung sebesar 3,8 dan ttabel sebesar 2,64 sehingga thitung ˃ ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran Biologi antara model Guided Inquiry Bingo Board dengan PBL Bingo Board pada materi sistem reroduksi. Nilai rata�rata N-Gain kelompok siswa Guided Inquiry Bingo Board lebih tinggi yaitu 61,3, sedangkan kelompok siswa PBL Bingo Board mendapatkan nilai rata-rata N-Gain 55,9. Maka dapat disimpulkan hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem reproduksi yang menggunakan model Guided Inquiry Bingo Board lebih baik dibandingkan dengan model PBL Bingo Board. Kata kunci : Guided Inquiry, PBL, Bingo Board dan Hasil Belajar Biologi. date: 2018-03-16 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Napisah, Lulis Siti and Suhardi, Eka and Sunardi, Oding (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BINGO BOARD DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BINGO BOARD PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5221/1/2018%20P%20BIO%20LULIS%20SITI%20NAPISAH.pdf