<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM \r\n\r\nStudi Ini dengan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor\r\nTahun Pelajaran 2015/2016"^^ . "Fitriani Haerunisa NPM. 037112031. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Memperbaiki Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2016.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki hasil belajar kognitif dan afektif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V B di Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. \r\nSubjek penelitian ini adalah siswa kelas V A semester genap tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan.\r\nPenelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung dan kolabolator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.\r\nPelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, padasiklus I memperoleh nilai 77,5 % dan pada siklus II memperoleh nilai 87%. Selain itu terlihat pada aktivitas belajar siswa meningkat 1,2%, hal ini ditunjukan pada siklus pertama 79,3 pada perubahan aktivitas siswa dan pada siklus kedua 80,5, Begitu pula pada, Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 35,3% dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal ini ditunjukan pada hasil belajar siswa pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 75,5 dan pada siklus kedua 79,3. Serta ketuntasan secara klasikal pada siklus pertama sebesar 55,5% dan pada siklus kedua sebesar 89%.\r\n Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki hasil belajar kognitif dan afektif di kelas V A Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.\r\n\r\nKata Kunci : Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing"^^ . "2016-05-13" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Fitriani"^^ . "Haerunisa"^^ . "Fitriani Haerunisa"^^ . . "Irvan"^^ . "Permana"^^ . "Irvan Permana"^^ . . "Saur.M"^^ . "Tampubolon"^^ . "Saur.M Tampubolon"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM \r\n\r\nStudi Ini dengan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor\r\nTahun Pelajaran 2015/2016 (Text)"^^ . . . "2016 PGSD Fitriani Haerunisa.pdf"^^ . . "HTML Summary of #5222 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM \n \nStudi Ini dengan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor \nTahun Pelajaran 2015/2016\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .