eprintid: 5222 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/52/22 datestamp: 2022-09-14 04:42:06 lastmod: 2022-09-15 01:38:07 status_changed: 2022-09-14 04:42:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Haerunisa, Fitriani creators_name: Tampubolon, Saur.M creators_name: Permana, Irvan creators_NPM: 037112031 creators_NPM: 0420025403 creators_NPM: 0419047702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tampubolon, Saur.M contributors_name: Permana, Irvan contributors_NIDN: 0420025403 contributors_NIDN: 0419047702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Ini dengan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Fitriani Haerunisa NPM. 037112031. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Memperbaiki Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki hasil belajar kognitif dan afektif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V B di Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A semester genap tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung dan kolabolator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, padasiklus I memperoleh nilai 77,5 % dan pada siklus II memperoleh nilai 87%. Selain itu terlihat pada aktivitas belajar siswa meningkat 1,2%, hal ini ditunjukan pada siklus pertama 79,3 pada perubahan aktivitas siswa dan pada siklus kedua 80,5, Begitu pula pada, Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 35,3% dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal ini ditunjukan pada hasil belajar siswa pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 75,5 dan pada siklus kedua 79,3. Serta ketuntasan secara klasikal pada siklus pertama sebesar 55,5% dan pada siklus kedua sebesar 89%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki hasil belajar kognitif dan afektif di kelas V A Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing date: 2016-05-13 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Haerunisa, Fitriani and Tampubolon, Saur.M and Permana, Irvan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Ini dengan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5222/1/2016%20PGSD%20Fitriani%20Haerunisa.pdf