eprintid: 5237 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/52/37 datestamp: 2022-09-14 04:53:10 lastmod: 2022-09-15 01:18:06 status_changed: 2022-09-14 04:53:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: yusup, Trisnandiyanto creators_name: Rostikawati, creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_NPM: 037114026 creators_NPM: 0018046003 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, Teti contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikahuripan Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: TrisnandiyantoYusup, 037114026. Penerapan Model PembelajaranBerbasisMasalahDenganPendekatanSaintifikSubtemaEnergiAlternatifUntukMeningkatkanHasilBelajar PesertaDidikpada kelas IV SDN CikahuripanKecamatanKadudampitKabupatenSukabumi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP, Universitas Pakuan Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini denganPenelitian Tindakan Kelas dua siklus. Tujuannya memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pesertadidik pada tema Selalu Berhemat Energi melalui model pembelajaranberbasismasalah. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 30pesertadidik.Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86. Hasil perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,4 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 81,2. Hasil keterampilan mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,1 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 89,7. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 73,3% dengan nilai rata-rata 70, dan pada siklus II diperoleh 87% dengan nilai rata-rata 82. Dari penelitian tersebut dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dan mencapai KKM=74. Disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar tema selalu berhemat energi melalui model pembelajaranberbasismasalahdapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pesertadidik di kelas IV SDN CikahuripanKecamatanKadudampitKabupatenSukabumiSemester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran BerbasisMasalah, Hasil Belajar, Tema date: 2018-12-23 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: yusup, Trisnandiyanto and Rostikawati and Windiyani, Tustiyana (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikahuripan Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5237/1/2018%20PGSD%20Trisnandiyanto%20Yusup.pdf