eprintid: 5244 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/52/44 datestamp: 2022-09-14 04:56:36 lastmod: 2022-09-14 07:35:50 status_changed: 2022-09-14 04:56:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kusmiati, Reni creators_name: Elizabeth, Yuyun creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_NPM: 037114326. creators_NPM: 0427077704 creators_NPM: 0022096401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elizabeth, Yuyun contributors_name: Anwar, Wawan Syahril contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0022096401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DAN UPAYA MENGATASINYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cibalagung 4 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Reni Kusmiati. 037114326. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa dan Upaya Mengatasinya pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. 2018. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas VI SDN Cibalagung 4 Kota Bogor yang bernama Salsabillah Azzahra Putri. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 dan menggunakan data saat subjek berada di kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdiri dari Faktor penyebab kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal yaitu rasa ketidaktertarikan subjek pada mata pelajaran matematika dan faktor ekternal berupa tidak terbukanya subjek kepada orang tuanya perihal nilai ataupun kejadian di sekolah. Adapun upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan kegiatan perbaikan / remedial, melakukan program khusus untuk menunjang kualitas belajar subjek dengan cara mengikuti kegiatan les khusus atau bimbingan belajar. Kemudian menjalin komunikasi yang baik antara subjek dan orang tua serta guru dan orang tua agar tidak terjadi miss communication diantaranya. Kata kunci: Kesulitan Belajar dan Matematika date: 2018-10-14 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Kusmiati, Reni and Elizabeth, Yuyun and Anwar, Wawan Syahiril (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DAN UPAYA MENGATASINYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cibalagung 4 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5244/1/2018%20PGSD%20RENI%20KUSMIATI.pdf