%0 Thesis %9 Skripsi %A Fitri, Silvi Agnia %A Retnowati, Rita %A Herawati, Desti %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Program Studi Pendidikan Biologi, %B Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2022 %F eprintsunpak:5246 %I Universitas Pakuan %T PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA %U http://eprints.unpak.ac.id/5246/ %X ABSTRAK Silvi Agnia Fitri. 036118008. Pengembangan Flipbook berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S. dan Desti Herawati, M. Pd. Pembelajaran di masa pandemi memerlukan media pembelajaran dan bahan ajar yang menarik dan melatih keterampilan berpikir siswa, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Flipbook berbasis STEM pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan desain penelitian one group pretest - posttest. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI Mipa 2 SMA Cahaya Rancamaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes esai dan lembar kuisioner. Teknik analisis data meliputi penilaian keterampilan berpikir kreatif yang diukur menggunakan rumus N-Gain dan uji statistik Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat secara signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa bahan ajar berbasis STEM yang berbentuk flipbook mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Selain itu, respon guru dan siswa juga memberikan hasil yang positif bahwa bahan ajar flipbook berbasis STEM dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Kata Kunci: Flipbook, STEM, Berpikir Kreatif.