eprintid: 5246 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/52/46 datestamp: 2022-09-14 04:57:09 lastmod: 2022-09-14 07:33:26 status_changed: 2022-09-14 04:57:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitri, Silvi Agnia creators_name: Retnowati, Rita creators_name: Herawati, Desti creators_NPM: 036118008 creators_NPM: 0422056401 creators_NPM: 0425128803 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Retnowati, Rita contributors_name: Herawati, Desti contributors_NIDN: 0422056401 contributors_NIDN: 0425128803 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Program Studi Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA ispublished: unpub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: ABSTRAK Silvi Agnia Fitri. 036118008. Pengembangan Flipbook berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S. dan Desti Herawati, M. Pd. Pembelajaran di masa pandemi memerlukan media pembelajaran dan bahan ajar yang menarik dan melatih keterampilan berpikir siswa, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Flipbook berbasis STEM pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan desain penelitian one group pretest - posttest. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI Mipa 2 SMA Cahaya Rancamaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes esai dan lembar kuisioner. Teknik analisis data meliputi penilaian keterampilan berpikir kreatif yang diukur menggunakan rumus N-Gain dan uji statistik Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat secara signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa bahan ajar berbasis STEM yang berbentuk flipbook mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Selain itu, respon guru dan siswa juga memberikan hasil yang positif bahwa bahan ajar flipbook berbasis STEM dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Kata Kunci: Flipbook, STEM, Berpikir Kreatif. date: 2022-06-25 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fitri, Silvi Agnia and Retnowati, Rita and Herawati, Desti (2022) PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5246/1/Silvi%20Agnia%20Fitri_036118008.pdf