TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/5250/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Noviane, Ane A1 - Budiana, Sandi A1 - Novita, Lina TI - PERANAN MEMBACA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Deskriptif dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IVSekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ID - eprintsunpak5250 Y1 - 2018/05/15/ N2 - Ane Noviane. 03711347. Peranan Membaca dalam Gerakan Literasi Sekolah untuk Memotivasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan membaca dalam gerakan literasi sekolah, hambatan dan upaya pihak sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 36 siswa dan guru kelas IV Sekolah Dasar Panaragan 2 Kota Bogor dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Data dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan membaca dalam gerakan literasi sekolah berperan dalam memotivasi siswa untuk belajar serta giat dalam membaca buku, hambatan pihak sekolah dalam meningkatkan minat baca dan motivasi belajar dalam kegiatan membaca dalam gerakan literasi sekolah yakni sarana dan prasarana perpustakaan yang kurang optimal, upaya pihak sekolah dalam meningkatkan minat baca dan motivasi belajar dalam kegiatan membaca dalam gerakan literasi sekolah yakni melalui pembiasaan siswa, metode yang diterapkan guru, serta lomba-lomba yang diadakan sekolah berkaitan dengan kegiatan literasi. Kata kunci: membaca, literasi sekolah, dan motivasi belajar ER -