@phdthesis{eprintsunpak5258, month = {July}, author = {Rika Septiani and Yuyun Elizabeth and Elly Sukmanasa}, year = {2018}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindang Barang 2 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018}, school = {Universitas Pakuan}, abstract = {Rika Septiani, 037114226. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perbaikan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindang Barang 2 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor yang terdiri dari 41 siswa, dengan komposisi perempuan 21 siswa dan laki-laki 20 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 67,80 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 63\%, sedangkan siklus II memperoleh nilai 76,59 atau ketuntasan belajar sebesar 71\%, dan siklus III memperoleh nilai 81,23 atau ketuntasan belajar sebesar 88\%; artinya penelitian berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas proses pembelajaran pada siklus I sebesar 72,22\%, penilaian siklus II sebesar 80,27\% dan penilaian siklus III sebesar 90,83\%. Sedangkan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada sikap berupa jujur, disiplin, kerjasama dan tanggung jawab dengan memperoleh nilai pada siklus I yairu 70,96\%, sedangkan siklus II memperoleh nilai 81,81\% dan siklus III memperoleh nilai 90,85\%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindang Barang 2 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kejujuran, kerjasama, kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci : Hasil Belajar, Group Investigation, Ilmu Pengetahuan Alam}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5258/} }