%0 Thesis %9 Skripsi %A Purnama, Lia Jati %A Kurnia, Dadang %A Sundari, Fitri Siti %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B PGSD %D 2018 %F eprintsunpak:5273 %I Universitas Pakuan %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV-A di SDN Babakan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 %U http://eprints.unpak.ac.id/5273/ %X Lia JatiPurnama. 037114342. Penerapan Model PembelajaranDiscovery Learning untukMeningkatkanHasilBelajarpadaSubtemaLingkunganTempatTinggalkukelas IV-A SDN Babakan. Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarUniversitasPakuan Bogor 2018. PenelitianinidengandesainPenelitianTindakanKelas, dilaksanakansecarakolaboratifdalamduasiklus. Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmemperbaiki proses pembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarpadasubtemalingkungantempattinggalkumelaluipenerapan model pembelajaranDiscovery Learning. Subyekpenelitianiniadalahkelas IV-A SDN Babakan Kota Bogor yang berjumlah 32 siswa, terdiridari 17 siswalaki-lakidan 15 siswaperempuan. Penelitianinidilaksanakanpada semester genaptahunpelajaran 2017/2018. Hasilpenelitianmenunjukanbahwanilai rata-rata penilaian proses pelaksanaanpembelajaranpadasiklus I mendapatkanhasil 60, lalupada siklus II meningkatdanmemperolehhasil 81,75 atau secara klasikal sudah mencapai indikator penilaian yaitu 81. Observasiperubahansikapsiswasiklus I memperolehhasil 61,10sedangkanpadasiklus II mencapaihasil 87,11 atau sudah mencapai indikator penilaian sikap yaitu 81. Observasiperubahanketerampilansiswasiklus I memperolehhasil 73,96, pada siklus II meningkatdanmemperolehhasil 84,77 atau telah mencapai indikator penilaian keterampilan yaitu 81 . Begitu juga denganketuntasanhasilbelajardimana pada siklus I mendapatkanhasil 46,88%, padasiklus II meningkatmenjadi 84,38% atau secara klasikal sudah mencapai 80% dengan KKM=70. Berdasarkanhasilpenelitian di atas, dapatdisimpulkanbahwapenerapan Model PembelajaranDiscovery Learningdapatmemperbaiki proses pembelajarandanmeningkatkanhasilbelajarsiswabaikdariaspeksikap, pengetahuandanketerampilanpadasubtemalingkungantempattinggalku di kelas IV-A SDN BabakanKec. Bogor Tengah, Kota Bogor semester genaptahunpelajaran 2017/2018. Kata Kunci :HasilBelajar, Discovery Learning