TY - UNPB M1 - Skripsi AV - public Y1 - 2022/// TI - PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR Studi Penelitian Research and Development (R&D) pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bina Karya Kabupaten Cianjur Semester GenapTahun pelajaran 2021-2022 PB - Universitas Pakuan UR - http://eprints.unpak.ac.id/5341/ ID - eprintsunpak5341 A1 - Jakiyah, Alfi A1 - Safitri, Nurlinda A1 - Indriyani, Rini Sri N2 - ABSTRAK Media pembelajaran salah satu hal yang penting untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran menjadi alat komunikasi yang digunakan guru dan siswa agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah diitentukan. Oleh sebab ibu, siwa perlu adanya pengembangan media pembelajaran agar siswa dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media flipbook pembelajaran matematika materi bangun datar pada kelas IV SDN Bina Karya Cipanas-Cianjur dengan jumlah siswa 30 Orang. Pengembangan produk ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Developmennt, Implementation, Evaluation). Penelitian diawali dengan melakukan analisis kebutuhan , membuat desain produk, kemudian melakukan pengembangan produk media pembelajaran, lalu melakukan validasi keppada ahli, setelah itu melakukan uji coba terbatas media flipbook pada responden yang telah ditentukan. Hasil penelitian dari validasi ahli materi, ahli bahsa dan ahli media menunjukan bahwa media flipbook valid sangat layak digunakan dengan memproleh persentase rata-rata 84% .pada tahap uji coba terbatas kepada 30 siswa memberikan responden yang sangat baik dan sangat layak digunakan dengan memperoleh persentase rata-rata 92,91%. Berdasarkan hasil penelitian dappat disimpulkan bahwa media flipbook yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid, mudh digunakan, menarik digunakan siswa untuk dan sangat layak untuk belajar. Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran, flipbook, Matematika ER -