%D 2022 %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Eksperimen Quasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cileungsi 06 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 %L eprintsunpak5351 %X ABSTRAK Pengaruh Penerapan Model PROBLEM BASED LEARNING Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Negeri Cileungsi 06. Subyek dari penelitian yaitu IV A dan IV D Sekolah Dasar Negeri Cileungsi 06 yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian yaitu adanya pengaruh hasil belajar pada subtema kebersamaan dalam keberagaman kelas IV di SDN Cileungsi 06 Kabupaten Bogor dengan menggunakan model PROBLEM BASED LEARNING pada kelas eksperimen (IVA) dan model konvensional yaitu kelas kontrol (IV D). Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai N- Gain 60 dan nilai rata-rata pretest 56, nilai rata-rata postest yaitu 84 serta presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 94% hal tersebut merupakan perolehan hasil belajar dengan menggunakan model PROBLEM BASED LEARNING. Sedangkan perolehan hasil belajar menggunakan model konvensional yaitu nilai N-Gain 55 dan nilai rata-rata pretest yaitu 50, nilai rata-rata postest yaitu 75 serta presentase ketuntasan hasil bekajar sebesar 70%. Hasil pengujian hipotesis yaitu hipotesis alternatif (Ha) diterima karena thitung (5,13016) lebih besar dari ttabel (2,00030). Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembalajaran di dalam kelas khususnya model PROBLEM BASED LEARNING pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Hasil Belajar, PROBLEM BASED LEARNING. %A Derika Septiani Rachmat %A Nedin Badruzzaman %A Nurlinda Safitri %I Universitas Pakuan