eprintid: 5358 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/53/58 datestamp: 2022-09-17 04:04:20 lastmod: 2022-09-17 04:04:20 status_changed: 2022-09-17 04:04:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mujahidah, Fitriah creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Gani, Resyi Abdul creators_NPM: 037118002 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0417088001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Gani, Resyi Abdul contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0417088001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: unpub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Fitriah Mujahidah. 037118002. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2022. Penelitian dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi desian dua kelas. Tujuan penelitian yakni mampu mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV dengan penerapan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual pada kelas eksperimen yaitu kelas IV A dan penerapan model konvensional yang terdapat pada kelas kontrol yakni kelas IV B. Subjek penelitian yaitu kelas IV A dan Kelas IV B di Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor yang berjumlah 73 peserta didik. Waktu pelaksanaan di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menujukan terdapat pengaruh serta perbedaan yang signifikan yang terdapat pada nilai rata-rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 74 termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan ketuntasan hasil belajar yaitu 90%, lalu diperolehan nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas kontrol yaitu 64 termasuk ke dalam kriteria sedang dengan nilai ketuntasan hasil belajar 77%. Uji hipotesis menyatakan H0 ditolak serta Ha (hipotesis alternatif) diterima karena nilai thitung (80,2568) > ttabel (2,00030) dengan dk 72 dan taraf signifikansi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mujahidah, Fitriah and Anwar, Wawan Syahiril and Gani, Resyi Abdul (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5358/1/Fitriah%20Mujahidah_037118002_PGSD.pdf