@unpublished{eprintsunpak5362, school = {Universitas Pakuan}, author = {Nani Mariyani and Dadang Kurnia and Ade Wijaya}, title = {ANALISIS PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB Pendekatan Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tapos 03 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022}, year = {2022}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5362/}, abstract = {ABSTRAK Penanaman pendidikan karakter tanggung jawab yang dilakukan di kelas V SDN Tapos 03 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pembelajaran 2021/2022. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang didialami oleh subjek penelitian .dari hasil observasi, wawancara serta penyebaran angket di sekolahpun dapat disimpulkan penanaman karakter tanggung jawab yang ditanamkan oleh guru kepada siswa sudah sangat baik, keteladan guru sangat dibutuhkan sebagai upaya penanaman karakter tanggung jawab siswa di sekolah, guru menanamkan karakter tanggung jawabnya melalui pembiasaan serta pendekatan kepada siswa dalam proses pembelajaran di sekolah secara langsung berdasarkan pembahasan dari penelitian dan temuan data yang telah diuraikan sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa analisis penanaman karakter tanggung jawab pada siswa kelas V SDN Tapos 03 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2021/2022 dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru, penanaman karakter tanggung jawab tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan siswa diluar pembelajaran dan kegiatan rutin atau melalui pembiasaan yang diterapkan sebagai program rutin kelas. Kata Kunci: Penanaman karakter tanggung jawab siswa.} }