eprintid: 5364 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/53/64 datestamp: 2022-09-17 04:14:46 lastmod: 2022-09-17 04:14:46 status_changed: 2022-09-17 04:14:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitri, Nova Lustiana creators_name: Kurnia, Dadang creators_name: Mirawati, Mira creators_NPM: 037117044 creators_NPM: 0008045902 creators_NPM: 0411068001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurnia, Dadang contributors_name: Mirawati, Mira contributors_NIDN: 0008045902 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: ANALISIS KESULITAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI Penelitian Kualitatif Deskriptif di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirtengah 01 Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: unpub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Nova Lustiana Fitri. 037117044. Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi. Skripsi Program Stusi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membuat karangan deskripsi. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas V A Sekolah Dasar Negeri Pasirtengah 01. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi, wawancara, tes tulis dan dokumentasi guna menunjang penelitian. Dalam pembelajaran tatap muka terbatas, banyak peserta didik mengalami kesulitan menulis. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam penelitian ini adalah menulis karangan deskripsi dimana deskripsi memiliki aspek-aspek yang harus dianalisis meliputi aspek isi, struktur organisasi, bahasa, dan keterpaduan antar kalimat. Kesulitan peserta didik dalam membuat karangan deskripsi cenderung pada aspek Bahasa. Dapat dilihat dari tiga kali percobaan membuat karangan deskripsi persentase terbesar adalah aspek Bahasa. Peserta didik kesulitan dalam penggunaan ejaan (tanda baca dan huruf kapital) sebesar 92%, penggunaan kata/diksi yang tepat sebesar 67% dan penggunaan kalimat efektif sebesar 62,5%. Kata Kunci: Kesulitan Menulis, Karangan Deskripsi date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fitri, Nova Lustiana and Kurnia, Dadang and Mirawati, Mira (2022) ANALISIS KESULITAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI Penelitian Kualitatif Deskriptif di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirtengah 01 Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5364/1/Nova%20Lustiana%20Fitri_037117044_PGSD.pdf