@phdthesis{eprintsunpak5390, year = {2022}, month = {July}, author = {Agung Aryawiguna and Ketut Sunarta and Amelia Rahmi}, title = {Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020.}, school = {Universitas Pakuan}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5390/}, abstract = {AGUNG ARYAWIGUNA. 022118233. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Di bawah bimbingan KETUT SUNARTA dan AMELIA RAHMI. Dampak dari adanya globalisasi adalah perdagangan bebas. Hal itu mengakibatkan persaingan antar perusahaan baik di dalam negeri maupun luar negeri yang semakin ketat. Persaingan tersebut meliputi persaingan dalam menentukan harga, kualitas produk, promosi dan kegiatan distribusi yang cepat dan tepat. Kondisi ini menuntut manajemen melakukan suatu tindakan untuk dapat bersaing, salah satunya dengan cara meningkatkan penjualan perusahaan. Faktor-faktor yang paling utama mempengaruhi hasil penjualan adalah faktor produk, harga, promosi penjualan dan distribusi. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan bersih. Penelitian ini dilakukan pada delapan perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan metode explanatory survei. Data di uji menggunakan software SPSS versi 16, metode statistik uji kualitas data menggunakan uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis yaitu regresi linear berganda serta uji t, uji f, dan R2 Pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil biaya produksi, biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh terhadap penjualan bersih. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi biaya produksi, biaya promosi dan biaya distribusi maka akan menghasilkan penjualan bersih yang besar. Hasil pengujian secara simultan dengan uji f yaitu biaya produksi, biaya promosi dan biaya distribusi secara bersamasama berpengaruh terhadap penjualan bersih. Kata kunci : biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi, penjualan bersih} }