TY - UNPB UR - http://eprints.unpak.ac.id/5442/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Niranty, Agtri A1 - Muhajang, Tatang A1 - Gani, Resyi Abdul TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pembelajaran 2021/2022 ID - eprintsunpak5442 Y1 - 2022/// N2 - ABSTRAK Agtri Niranty. 037118142. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar. penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi di Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 04. Subyek Penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 04. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangram terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar. hal ini terlihat dari nilai N-gain pada kelas eksperimen yaitu 65,23 dengan kriteria sedang kemudian kelas kontrol yaitu 54,25 dengan kriteria sedang. Ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 73,07% dan kelas kontrol sebesar 50%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,42) > ttabel (2,01063). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangram terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai model Problem Based Learning berbantu media tangram, sehingga penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangram dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, media tangram ER -