<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU\r\nStudi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022"^^ . "ABSTRAK\r\nAlin Nur Widia, 037118113, Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan menulis karangan deskripsi Subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi yang terdiri dari 77 Peserta didik, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis karangan deskripsi subtema indahnya keberagaman budaya negeriku melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas IV-B dan Model Pembelajaran Konvensional pada peserta didik Kelas IV-A. Perhitungan N-Gain model Problem based learning sebesar 54,9 dengan kriteria sedang, dan nilai N- Gain model konvensional sebesar 40,8 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤\r\nLtabel yaitu (0,048) ≤ (0,141), pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu (0,077) ≤ (0,144). Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ Ftabel, didapatkan nilai (1,04) ≤ (3,96). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar (6,63) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99547). Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh kemampuan menulis karangan deskripsi subtema indahnya keberagaman budaya negeriku alternatif melalui penerapan Model Problem Based Learning.\r\nKata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi, Problem Based Learning"^^ . "2022" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Alin Nur"^^ . "Widia"^^ . "Alin Nur Widia"^^ . . "Nur"^^ . "Hikmah"^^ . "Nur Hikmah"^^ . . "Griet Helena"^^ . "Laihad"^^ . "Griet Helena Laihad"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU\r\nStudi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 (Text)"^^ . . . "Alin Nur Widia_037118113_PGSD.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU\r\nStudi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #5443 \n\nPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU \nStudi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .