eprintid: 5443 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/54/43 datestamp: 2022-09-22 07:16:47 lastmod: 2022-09-22 07:16:47 status_changed: 2022-09-22 07:16:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widia, Alin Nur creators_name: Laihad, Griet Helena creators_name: Hikmah, Nur creators_NPM: 037118113 creators_NPM: 1. 0116005685 creators_NPM: 0408068205 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Laihad, Griet Helena contributors_name: Hikmah, Nur contributors_NIDN: 1. 0116005685 contributors_NIDN: 0408068205 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Alin Nur Widia, 037118113, Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan menulis karangan deskripsi Subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi yang terdiri dari 77 Peserta didik, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis karangan deskripsi subtema indahnya keberagaman budaya negeriku melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas IV-B dan Model Pembelajaran Konvensional pada peserta didik Kelas IV-A. Perhitungan N-Gain model Problem based learning sebesar 54,9 dengan kriteria sedang, dan nilai N- Gain model konvensional sebesar 40,8 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu (0,048) ≤ (0,141), pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu (0,077) ≤ (0,144). Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ Ftabel, didapatkan nilai (1,04) ≤ (3,96). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar (6,63) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99547). Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh kemampuan menulis karangan deskripsi subtema indahnya keberagaman budaya negeriku alternatif melalui penerapan Model Problem Based Learning. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi, Problem Based Learning date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Widia, Alin Nur and Laihad, Griet Helena and Hikmah, Nur (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SUBTEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 01 Kabupaten Bekasi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5443/1/Alin%20Nur%20Widia_037118113_PGSD.pdf