%0 Thesis %9 Skripsi %A Meilatalimi, Anasis Derati %A Muhajang, Tatang %A Karmila, Nita %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2022 %F eprintsunpak:5444 %I Universitas Pakuan %T PENGARUHZ PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJARZ SISWA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYAZ ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciapus 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 %U http://eprints.unpak.ac.id/5444/ %X ABSTRAK Anasis Derati Meilatalimi. 037118133. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Ciapus 01. Subyek penelitian siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Ciapus 01 yang terdiri dari 61 siswa. Penelitian dilakukan pada semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model project based learning terhadap hasil belajar siswa subtema tiga pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 67, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 44. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,71) > ttabel (2,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar subtema tiga pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Kata kunci: Hasil Belajar; Project Based Learning, Model Pembelajaran