eprintid: 5445 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/54/45 datestamp: 2022-09-22 07:17:09 lastmod: 2022-09-22 07:17:09 status_changed: 2022-09-22 07:17:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Susanti, Deska Yulis creators_name: Sumardi, Sumardi creators_name: Muhajang, Tatang creators_NPM: 037118122 creators_NPM: 0006065201 creators_NPM: 0405056904 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sumardi, Sumardi contributors_name: Muhajang, Tatang contributors_NIDN: 0006065201 contributors_NIDN: 0417088001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 3 BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Kuasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: unpub subjects: 25 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Deska Yulis Susanti, 037118122. Pengaruh Penerapan Model problem based learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku .Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas dan Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan Model problem based learning pada siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor kelas IV B dan IV C penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 48, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 45. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 64% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel (2,880) > (2,009). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penelitian terhadap hasil belajar pada Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku antara siswa yang mendapatkan perlakuan model problem based learning. Kata kunci : Hasil Belajar; Problem Based Learning, date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Susanti, Deska Yulis and Sumardi, Sumardi and Muhajang, Tatang (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 3 BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Kuasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5445/1/Deska%20Yulis%20Susanti_037118122_PGSD.pdf