@unpublished{eprintsunpak5446, year = {2022}, school = {Universitas Pakuan}, author = {Dea Apriliyanti and Griet Helena and Nurlinda Safitri}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA Studi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedung Waringin Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022}, abstract = {ABSTRAK Dea Apriliyanti. 037118055. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2022. Penelitian ini adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Kedung Waringin Kota Bogor. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kedung Waringin Kota Bogor yang terdiri dari 60 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh ?Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika?. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 75, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 62. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 93\%, sedangkan ketuntasan hasil belajar pada kelompok kelas kontrol sebesar 87\%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,62116) {\ensuremath{>}} ttabel (2,00172). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara ?Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika?. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai pengaruh model pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Matematika}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5446/} }