eprintid: 5447 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/54/47 datestamp: 2022-09-22 07:17:24 lastmod: 2022-09-22 07:17:24 status_changed: 2022-09-22 07:17:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Eka Sari creators_name: Patras, Yuyun Elizabeth creators_name: Anjaswuri, Fitri creators_NPM: 037118161 creators_NPM: 0427077704 creators_NPM: 0416068503 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Patras, Yuyun Elizabeth contributors_name: Anjaswuri, Fitri contributors_name: , contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0416068503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS IV Penelitian Research and Development (R&D) Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kota Depok Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: unpub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis canva pada tema daerah tempat tinggalku subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV SDN Cipayung 02 kota Depok dengan jumlah responden sebanyak 29 siswa. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan dengan menganalisis kebutuhan, mendesain e-modul, selanjutnya melakukan pengembangan e-modul, setelah itu melakukan validasi kepada para ahli, serta dilakukan revisi produk, kemudian melakukan uji coba terbatas e- modul berbasis canva kepada responden yang telah ditentukan. Hasil validasi yang diberikan oleh ahli bahasa dengan persentase sebesar 100% ahli materi dengan persentase 92,85% serta ahli media dengan persentase 92,8% menunjukan bahwa e-modul berbsis canva dinyatakan valid serta layak digunakan. Pada tahap uji terbatas sebanyak 29 siswa memberikan respon sangat baik terhadap e-modul berbasis canva yang digunakan dengan persentase 85,68%. Dengan demikian produk e-modul berbasis canva pada tema daerah tempat tinggalku yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid, serta layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-modul, Canva, Daerah Tempat Tinggalku date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Dewi, Eka Sari and Patras, Yuyun Elizabeth and Anjaswuri, Fitri (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS IV Penelitian Research and Development (R&D) Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kota Depok Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5447/1/Eka%20Sari%20Dewi_037118161_PGSD.pdf