eprintid: 5470 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/54/70 datestamp: 2022-09-22 07:25:34 lastmod: 2022-09-22 07:25:34 status_changed: 2022-09-22 07:25:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mamat, Mutia Intan creators_name: Rostikawati, Teti creators_name: Sutjihati, Susi creators_NPM: 036112021 creators_NPM: 0018046003 creators_NPM: 0023095804 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, R. Teti contributors_name: Sutjihati, Susi contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0023095804 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakkan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Bogor ) ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Mutia Intan Mamat. 036112021. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Complete Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Di bawah Bimbingan Dra. R Teti Rostikawati, M.Si. Dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan karena pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan efektivitas pembelajaran di kelas yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran biologi yang meliputi ranah kognitif dan afektif serta mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Jigsaw dengan Complete Sentence. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Muhammadiyah Bogor, pada bulan April 2016 sampai dengan Februari 2017, dengan materi Virus dan Bakteri. Proses penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perancanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Akhir setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah di uji kalibrasinya. berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakannya penelitian persentase pencapaian 53,12% dengan hasil belajar kognitif rata-rata 68. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus 1 rata-rata hasil belajar kognitif mencapai 74,49 dengan persentase 68,75%, hasil belajar afektif mencapai 68,75%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar kognitif mencapai 78,09 dengan persentase 87,05%, hasil belajar afektif mencapai 84,37%. berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan Complete Sentence dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Muhammadyah Bogor. Kata kunci : Jigsaw, Complete Sentence , Hasil belajar date: 2018-02-07 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mamat, Mutia Intan and Rostikawati, Teti and Sutjihati, Susi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakkan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Bogor ). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5470/1/2018%20BIO%20MUTIA%20INTAN.pdf