%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurullita, Mira N %A Tampubolon, Saur M %A Badruzzaman, Nedin %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2018 %F eprintsunpak:5472 %I Universitas Pakuan %T PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Ini dilakukan dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 %U http://eprints.unpak.ac.id/5472/ %X Mira Nurullita, 037114175, Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. 2018. Penelitian ini dengan desain pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar subtema kekayaan sumber energi di indonesia siswa kelas IV melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor yang terdiri dari 32 siswa. dengan komposisi 17 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek sikap siklus I mencapai persentase hasil 44%, sedangkan siklus II mencapai ketuntasan persentase hasil 72%, selanjutnya siklus III mencapai ketuntasan persentase hasil 87,5% yang artinya penelitian berhasil. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai persentase hasil 53% sedangkan pada siklus II mencapai persentase hasil 72%, selanjutnya siklus III mencapai persentase hasil 88% yang artinya penelitian berhasil. Hasil belajar aspek keterampilan siklus I mencapai persentase hasil 62,5%, sedangkan siklus II mencapai persentase hasil 75%, selanjutnya siklus III mencapai persentase hasil 87,5% yang artinya penelitian berhasil. Pada hasil belajar aspek kualitas pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata 70,5 dan meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 80,5 dan meningkat pada siklus III menjadi rata-rata 88,5 termasuk dalam interprestasi sangat berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan pada subtema kekayaan sumber energi di indonesia. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Saintifik, Kekayaan Sumber Energi di indonesia