eprintid: 5473 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/54/73 datestamp: 2022-09-22 07:25:56 lastmod: 2022-09-22 07:25:56 status_changed: 2022-09-22 07:25:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prandini, Marliana creators_name: Sumardi, creators_name: Hidayat, Rais creators_NPM: 037114389 creators_NPM: 0006065201 creators_NPM: 0426067204 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sumardi, contributors_name: Hidayat, Rais contributors_NIDN: 0006065201 contributors_NIDN: 0426067204 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian dengan Pendekatan Korelasional Pada Kelas VA dan VB di Sekolah Dasar Negeri 6 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Marliana Prandini. 037114389. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa pada siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 6 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 95 siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 6 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 49 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk self efficacy dan kemandirian belajar siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,100393 < Ltabel = 0,126571 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 0,48 < Ftabel= 1,98 yang bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,79 yang dikategorikan kuat. Adanya hubungan yang fungsional antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ= 14,10 + 0,78x dengan hasil koefisien determinasi r2 = 0,62 yang menunjukkan bahwa self efficacy berkontribusi sebesar 62% terhadap kemandirian belajar siswa, sedangkan 38% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : self efficacy, kemandirian belajar siswa, korelasi date: 2018-12-17 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Prandini, Marliana and Sumardi and Hidayat, Rais (2018) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian dengan Pendekatan Korelasional Pada Kelas VA dan VB di Sekolah Dasar Negeri 6 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5473/1/PGSD%20MARLIANA.pdf