%0 Thesis %9 Skripsi %A Syam, M. Busyiery S %A Sukmanasa, Elly %A Muhajang, Tatang %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidiksn Guru Sekolah Dasar, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2018 %F eprintsunpak:5494 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi Kausal ini dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 %U http://eprints.unpak.ac.id/5494/ %X ABSTRAK M. Busyiery S. Syam. 037114353. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel konsep diri dan hasil belajar matematika.Uji validitas instrumen konsep diri dan hasil belajar matematika dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari KecamatanBogor Timur Kota Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah151 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamaro dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri terhadap hasil belajar matematika, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,97 dan diperoleh thitung sebesar 36,9. Ini menunjukan adanya pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,96 atau sebesar 96%. Hal ini berarti nilai hasil belajar matematika siswa sebesar 96% ditentukan oleh konsep diri, melalui persamaan regresi Ŷ = -46,12 + 0,45X. Sisanya sebanyak 4% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara konsep diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa maka harus memperhatikan konsep diri siswa tersebut. Kata Kunci : Konsep Diri, Hasil Belajar Matematika