eprintid: 5519 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/55/19 datestamp: 2022-09-26 03:54:10 lastmod: 2022-09-26 03:54:30 status_changed: 2022-09-26 03:54:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yanti, Widia Irma creators_name: Hidayat, Rais creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_NPM: 037112469 creators_NPM: 0426067204 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Rais contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR Studi ini dengan Pendekatan Korelasional di Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Widia Irma Yanti. 037112469. Hubungan antara Gaya Belajar Siswa dengan Efektivitas Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2018.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar siswa dengan efektivitas belajar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel gaya belajar siswa dan variabel efektivitas belajar. Uji validitas gaya belajar siswa dan efektivitas belajar menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B, dan V C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor berjumlah 97 siswa. Sampel yang diambil 50 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara gaya belajar siswa dengan efektivitas belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ =23,453 + 0,8356X, dengan harga Fhitung sebesar 156,93 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 4,04, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 77%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara gaya belajar siswa dengan efektivitas belajar pada siswa kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Gaya Belajar Siswa, Efektivitas Belajar date: 2018-06-04 date_type: published institution: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Yanti, Widia Irma and Hidayat, Rais and Windiyani, Tustiyana (2018) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR Studi ini dengan Pendekatan Korelasional di Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5519/1/Screenshot%202022-09-26%20at%2010-24-56%20SKRIPSI%20Widia%20Irma%20Yanti%20037112469.pdf.pdf