TY - THES M1 - Skripsi AV - public Y1 - 2022/07/23/ TI - Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Penerapan Balanced Scorecard Pada PT. Telkom Indonesia Tbk Pusat EP - 125 PB - Universitas Pakuan UR - http://eprints.unpak.ac.id/5546/ ID - eprintsunpak5546 A1 - Utami, Gita Melania A1 - Hardiyanto, Arief Tri A1 - Lestari, Retno Martanti Endah N2 - GITA MELANIA UTAMI, 022118172, Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Penerapan Balanced Scorecard Pada PT. Telkom Indonesia Tbk Pusat. Di bawah bimbingan ARIEF TRI HARDIYANTO dan RETNO MARTANTI ENDAH LESTARI, 2022. Balanced scorecard yaitu kartu skor yang digunakan untuk mengukur kinerja dengan memperhatikan keseimbangan diantara keuangan dan non-financial, antara jangka pendek dan jangka panjang serta melibatkan faktor internal dan eksternal. Dimana, pada balanced scorecard ini memiliki empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Kinerja perusahaan yaitu sebuah prestasi kerja yang sudah dicapai oleh suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu untuk tetap bertahan dalam era pasar bebas dan beroperasi secara terus-menerus menjalankan Susaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keempat perspektif balanced scorecard terhadap kinerja PT Telkom Indonesia Tbk Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Telkom Indonesia Pusat Tbk pada divisi divisi service operation (DSO), dengan teknik convenience sampling sehingga didapatkan sebanyak 64 karyawan. Metode penelitian ini adalah verifikatif dengan metode explanatory survei. Data diuji dengan memasukkan SPSS versi 26.0 dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji kualitas data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang sangat baik, pada perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang sangat baik, pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang baik, pada pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang baik, serta pada perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran secara bersama-sama menunjukkan kinerja yang sangat baik. Kata kunci: balanced scorecard, kinerja ER -