@phdthesis{eprintsunpak5580, school = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, author = {Deriska}, title = {PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Kausal dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018}, month = {July}, year = {2018}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5580/}, abstract = {Deriska. 037114266. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis jalur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner untuk variabel Reward dan variabel Hasil Belajar Matematika menggunakan soal tes. Uji validitas Reward menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor berjumlah 75 siswa. Sampel yang diambil 43 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5\%. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh pemberian reward dengan hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar matematika ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (pxy) sebesar 0,611. Ini menunjukan adanya pengaruh antara pemberian reward terhadap hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,37 atau sebesar 37\% . Sisanya sebanyak 63\% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar matematika adalah 37\% ditentukan oleh pemberian reward melalui persamaan regresi {\^Y} =-17,31+1,05X, artinya setiap kenaikan satu unit nilai pemberian reward akan menyebabkan kenaikan hasil belajar matematika sebesar 1,05 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara pemberian reward terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Pabuaran 7 Cibinong Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Reward, Hasil Belajar Matematika, Analisis Jalur} }