TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/5583/ PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan AV - public M1 - Skripsi A1 - Kurniawati, Rosella TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Eksperimen Quasi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bayur Kota Tangerang Tahun Ajaran 2019/2020 ID - eprintsunpak5583 Y1 - 2020/01/22/ N2 - Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi yang terdiri dari dua variabel yaitu model pembelajaran berbasis masalah sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel yang didukung. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh antara model pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas empat SDN Bayur yang terdiri dari 70 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Kuder Richardson K-R20, uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis penelitian, hasil N-gain. Nilai rata-rata pada variabel hasil belajar matematika model pembelajaran berbasis masalah sebesar 60,87, dan hasil rata-rata pada variabel hasil belajar matematika konvensional sebesar 42. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar matematika, hasil dengan analisis statistik, yang menghasilkan hasil hipotesis pada Ho tolak dan Ha di terima karena t hitung 6,76> t tabel (1,99547). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan terdapat pengaruh Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran Matematika. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar ER -