eprintid: 5599 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/55/99 datestamp: 2022-09-30 03:40:41 lastmod: 2022-09-30 03:40:41 status_changed: 2022-09-30 03:40:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sanjaya, Rusli Ferry creators_NPM: 03116016 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rosdiana, Rina contributors_name: Handayani, Rukmimi contributors_NIDN: 0017017001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabuputen Bogor) ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Ferry Rusli Sanjaya. 037116016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor yang dilakukan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 102 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 51 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian kuantitatif ini dilanjutkan dengan Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata pada variabel minat belajar sebesar 113,1 dan nilai rata-rata pada variable hasil belajar matematika yaitu sebesar 65,3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien jalur (pxy) sebesar 0,64. Ini menunjukkan adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,409 atau sebesar 40,9%. Hal ini berarti nilai pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 40,9%, melalui persamaan regresi Ŷ = (−65,24 + 1,15X). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor hasil belajar matematika adalah karena minat belajar peserta didik pada saat pembelajaran. Kata kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika date: 2020-11-15 date_type: published institution: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sanjaya, Rusli Ferry (2020) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabuputen Bogor). Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5599/1/2020%20PGSD%20FERRY%20RUSLI%20SANJAYA.pdf