eprintid: 569 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/05/69 datestamp: 2022-08-26 12:56:59 lastmod: 2022-08-26 12:56:59 status_changed: 2022-08-26 12:56:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Desiyanti, Cintya creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_name: Mirawati, Mira creators_NPM: 037117082 creators_NPM: 1.1213032624 creators_NPM: 1.0212.011.589 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_name: Mirawati, Mira contributors_NIDN: 0403087102 contributors_NIDN: 0411068001 title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Cintya Desiyanti. 037117082. Pengaruh “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika”. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain satu grub di Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Bogor. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Bogor yang terdiri dari 63 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok ekperimen sebesar 68, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 74. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 94% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 91%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak ditolak dan Ha diterima karena thitung (10,524654) > ttabel (1999624). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai pengaruh model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Matematika. institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Desiyanti, Cintya and Windiyani, Tustiyana and Mirawati, Mira PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/569/1/2021PGSD%20CYNTIA.pdf