%D 2021 %T Evektivitas Komunikasi Pemasaran Shopee Indonesia di Situs Jejaringan Sosial Instagram dalam Membangun Posisi Merek di Benak Konsumen %L eprintsunpak5705 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari komunikasi pemasaran Shopee Indonesia di situs jejaring sosial Instagram terhadap posisi merek di benak konsumen. Dalam penelitian ini digunakan variabel bebasnya adalah komunikasi pemasaran dan variabel terikatnya adalah posisi merek. Untuk mengukur variabel komunikasi pemasaran, digunakan indikator aspek kognitif, aspek afektif dan aspek konatif. Untuk variabel posisi merek diukur dengan menggunakan indikator point of parity dan point of difference. Penelitian dilaksanakan di Wilayah Kota Bogor pada bulan Mei sampai Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan survey eksplanatif karena meneliti tentang suatu pengaruh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden diambil dari jumlah 1.081.009 dimana pengambilan sampel secara acak dan yang ditemui cocok sesuai dengan kriteria sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yaitu Sampling Insidental. Pada penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis regresi sederhana. Hasil kuesioner dari setiap indikator komunikasi pemasaran dan posisi merek dirangkum dalam 27 pernyataan yang mewakili indikator masing-masing. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunikasi pemasaran memiliki pengaruh cukup besar terhadap posisi merek. %A Dewi Gumilang %A Dini Valdiani %A Prasetyo Adinugroho %I Universitas Pakuan