%0 Thesis %9 Skripsi %A Ramandnai, Dandi %A Harsani, Prihastuti %A Mulyati %A Universitas Pakuan, %A Fakultas MIPA, %A Ilmu Komputer, %B Ilmu Komputer %D 2021 %F eprintsunpak:5762 %I Universitas Pakuan %T PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BAHASA ISYARAT %U http://eprints.unpak.ac.id/5762/ %X Abstrak Bahasa Isyarat adalah komunikasi non verbal karena merupakan bahasa yang tidak menggunakan suara tetapi menggunakan bentuk dan arah tangan, pergerakan tangan, bibir, badan serta ekspresi wajah untuk menyampaikan maksud dan pikiran dari seorang penutur. Bahasa ini dapat dipelajari secara langsung atau melalui internet dengan berbagai sumber. Akan tetapi, hal ini akan sulit dipelajari apabila hanya melihat gambar atau video dua dimensi saja. Maka perlu media lain untuk memvisualisasikan isyarat tangan tersebut agar dapat dipelajari dengan mudah dan interaktif. Augmented Reality adalah teknologi yang tepat untuk mengatasi masalah diatas. Teknologi ini dapat diterapkan pada media belajar bahasa Isyarat. Dengan Augmented Reality isyarat tangan dapat divisualisasikan secara tiga dimensi yang akan membuat proses belajar mudah dipahami dan lebih interaktif. Metode User Defined Target dapat dipilih karena penggunaan aplikasi akan jauh lebih mudah karena pengguna tidak membutuhkan marker khusus untuk menggunakan aplikasi. Pengguna dapat memanfaatkan objek disekitar untuk dijadikan sebagai image target karena sistem User Defined Target akan mengidentifikasi citra yang ditangkap kamera sebagai marker. Hal ini memenuhi tujuan dari penelitian untuk membuat aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam mempelajari huruf alfabet bahasa Isyarat secara efektif dan mudah. Keywords: Augmented Reality, Bahasa Isyarat, User Defined Target