eprintid: 5788 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/57/88 datestamp: 2022-10-11 01:50:07 lastmod: 2022-10-11 01:50:07 status_changed: 2022-10-11 01:50:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nasution, Ridayanti creators_name: Muharam, Hari creators_name: Yudha, Aditya Prima creators_NPM: 021118281 creators_NPM: 0401017601 creators_NPM: 0406088602 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nasution, Ridayanti contributors_name: Muharam, Hari contributors_name: Yudha, Aditya Prima contributors_NIDN: 021118281 contributors_NIDN: 0401017601 contributors_NIDN: 0406088602 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi pada Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia). ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: RIDAYANTI NASUTION. 021118281. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi pada Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia). Di bawah bimbingan : HARI MUHARAM dan ADITYA PRIMA YUDHA. 2022. Pertumbuhan pasar yang terus meningkat membuat industri Testing, Inspection, and Certification (TIC) menjadi industri yang menguntungkan bagi penyedia jasa TIC dan memunculkan perusahaan baru yang bersaing dalam industri ini termasuk dalam sektor mineral dan batubara. Divisi Bisnis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia mengalami persaingan dengan beberapa perusahaan surveyor minerba lainnya. Penting dilakukan analisis strategi pemasaran agar meningkatkan keunggulan bersaing dikarenakan persaingan dalam negeri yang kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis lingkungan internal dan eksternal divisi bisnis strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia, (2) Menganalisis strategi pemasaran yang tepat bagi divisi bisnis strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia, (3) Menganalisis posisi strategi divisi bisnis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penarikan sampel purposive sampling, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Metode analisis data menggunakan IFE, EFE, SWOT, IE, dan BCG. Hasil penelitian ini menunjukan EFE adalah 3,55 dan IFE adalah 3,22 sehingga matriks IE Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara berada di kuadran I dengan strategi yang tepat yaitu strategi intensif penetrasi dan pengembangan pasar dan matriks BCG berada pada kuadran Dog dengan alternatif strategi yaitu strategi agresif. Kata Kunci: TIC, SWOT, IE, BCG date: 2022-07-20 date_type: published pages: 113 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nasution, Ridayanti and Muharam, Hari and Yudha, Aditya Prima (2022) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi pada Divisi Bisnis Strategis Mineral dan Batubara PT Surveyor Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5788/1/2022%20Ridayanti%20Nasution%20021118281.pdf