%0 Thesis %9 Skripsi %A Maulana, Dede %A Valdiani, Dini %A Siregar, Mariana Rista Ananda %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, %A Ilmu Komunikasi, %B Ilmu Komunikasi %D 2022 %F eprintsunpak:5801 %I Universitas Pakuan %T Analisis Strategi Pengelolaan Radio Kisi FM dalam Mempertahankan Eksistensinya sebagai Radio Kesehatan %U http://eprints.unpak.ac.id/5801/ %X Stasiun radio KISI FM hadir ditengah-tengah masyarakat Bogor dan sekitarnya sejak 1984 dan mengudara pada frekuensi 93.4 FM dengan jangkauan wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi). Kehadiranya sebagai radio lokal yang telah berdiri selama 37 tahun ini tidaklah mudah, keadaan finansial yang tidak stabil membuat KISI FM mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Maka dari itu untuk tetap dapat mengudara serta bertahan didalam industri penyiaran. KISI FM melaukuan berbagai strategi-strategi agar tetap dapat bertahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi-strategi KISI FM dalam mempertahankan eksistensinya seabagai radio lokal dengan menggunakna teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya sebuah media harus memiliki tiga sumber penunjang kehidupan yang utama, yakni content, audience, dan capital. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KISI penyiaran lokal yaitu dengan menjalankan berbagai strategi diantaranya: melaukan strategi program (melakukan perencanaan program, melakukan strategi dalam produksi, menempatkan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan pendengar, melakukan pengawasan dan evaluasi program), melakukan segmentasi, positioning dan targeting dalam merebut pasar audien (melakukan segmentasi, memilih target pendengar, serta membangun persepsi pendengar melalui tagline), dan yang terakhir adalah melakukan strategi pemasaran dalam memasarkan programnya (bekerjasama dengan grup Rumah Sakit dan mengadakan kegiatan off air).